Minggu, 20 Maret 2011

PELABUHAN KALIANGET YANG TAK PERNAH TIDUR

Sumenep-Pelabuhan kalianget adalah pelabuhan terbesar di pulau Madura. Sejak pagi hingga malam hari, aneka ragam kegiatan terus bergulir di pelabuhan yang terletak di wilayah paling timur pulau Madura ini.




Karenanya, pelabuhan kalianget dikenal sebagai pelabuhan yang tidak pernah tidur.Pagi hari, aktifitas di pelabuhan Kalianget dimulai. Beberapa pekerja hilir mudik melakukan pekerjaannya masing-masing. Ada anak buah kapal yang melakukan bongkar muat barang, ada pekerja yang mengisi drum-drum minyak tanah yang akan dibawa ke kepulauan, serta masih banyak aktifitas lainnya.Seluruh kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga pagi lagi.Kegiatan diatas, adalah gambaran betapa pelabuhan kalianget menjadi pelabuhan yang sangat sibuk di tiap harinya.

Secara pemetaan, pelabuhan kalianget ini terbagi menjadi tiga kawasan. Yani pelabuhan kalianget satu, dua, dan tiga.Untuk pelabuhan tiga, dikhususkan bagi kapal-kapal barang, kapal lintas kepulauan, serta angkutan kapal perintis. Sementara pelabuhan dua khusus digunakan sebagai dermaga untuk mengangkut garam.Untuk pelabuhan satu, digunakan sebagai sarana penyeberangan dari kecamatan kalianget, menuju ke pulau talango. Selain itu, pelabuhan satu juga berfungsi sebagai dermaga angkutan kalianget jangkar, dan kalianget kangean.Pelabuhan kalianget juga sangat terkenal. Karena menurut sejarahnya, pelabuhan kalianget menjadi dermaga terbesar dalam hal pengangkutan komoditi garam.Selain menjadi tempat aktifitas kepelabuhanan, lingkungan pelabuhan kalianget juga dapat menjadi sarana rekreasi unik. Di dermaga ini kita dapat melihat pemandangan laut yang indah.

Bagi yang memiliki hobi memancing, juga dapat menyalurkan hobinya itu di pelabuhan ini.Akibat kondisi yang selalu penuh dengan aktifitas ini, pelabuhan kalianget sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Sejak dari pedagang warung nasi, tukang becak, penjual jajanan, pekerja dan kuli pelabuhan, seluruhnya terdongkrak secara ekonomi dengan adanya pelabuhan kalianget ini.Bagi yang ingin menyaksikan pelabuhan kalianget, silahkan datang langsung ke wilayah tertimur pulau Madura.

source : http://www.madurachannel.com

1 komentar:

  1. Mas, apakah di kalianget ada kapal barang yang memuat kontainer bisa masuk dan berlabuh serta menurunkan barang disitu

    BalasHapus