Jumat, 18 Maret 2011

PANTAI LOMBANG , SUMENEP, MADURA, JAWA TIMUR , INDONESIA













Cemara Udangnya Cuma Ada Di China
Wisata bahari yang mengandalkan keindahan pantai dan objek wisata air sangat banyak di Indonesia. Ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga memiliki pantai yang beragam dan indah. NAMUN, keindahan alam ini masih perlu digali dan dikembangkan demi menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisatawan lokal dan mancanegara yang mengandalkan keindahan panorama pantainya. Contohnya Pantai Lombang, Kabupaten Sumenep.

Kawasan paling Timur Pulau Madura ini ternyata memiliki pantai yang indah. Meski harus ditempuh dari Bangkalan lebih kurang empat jam menggunakan sepeda motor, rasanya Anda takkan menyesal mengunjunginya. Secara geografis, Pantai Lombang terletak sekitar 30 Km arah Timur Laut Sumenep, tepatnya di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya sepanjang kurang lebih 12 Km, yang ditumbuhi cemara udang sebagai tanaman khas dan langka yang hanya ada di Indonesia dan China.

Letaknya yang berada di kawasan Laut Utara Jawa, memungkinkan para wisatawan me-lihat keindahan matahari terbit dan deburan ombak. Untuk menuju ke Pantai Lombang, sarana transportasi di sini cukup memadai, meski untuk beberapa rute masih kurang tersedia jasa angkutan. Perjalanan ke Pantai Lombang dapat juga ditempuh menggunakan angkutan pedesaan dari Bangkalan ke Desa Legung, kemudian dilanjutkan menggunakan ojek untuk bisa sampai ke lokasi.

Obyek dan daya tarik wisata Pantai Lombang ramai dikunjungi wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. Akan lebih menarik lagi pada even Pesta Rakyat Ketupatan yang digelar satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri, di pantai ini banyak atraksi wisata. Misalnya pentas musik dan pentas kesenian tradisional yang ditampilkan selama satu minggu penuh oleh warga sekitar.

Di pantai ini pula kita akan menjumpai hamparan pasir putih bersih yang dipagari cemara udang yang menambah sejuk danindahnya suasana pantai. Apalagi ketika momen matahari akan tenggelam. Sehingga tidak jarang banyak anak muda yang memilih berkemah di sekitar pantai ini.

Selain untuk dinikmati keindahannya, tempat wisata ini juga cocok untuk berenang, snorke-ling atau olahraga lainnya. Apalagi, saat ini berbagai fasilitas di sini juga sudah tersedia untuk keperluan berkemah, walaupun masih butuh pembenahan dan peningkatan pelayanan.

Pada libur tahun baru, pengunjung Pantai Lombang didominasi pasangan muda-mudi yang mengendarai motor melalui pintu masuk resmi yang dikenai retribusi Rp 1.000 per orang.

Perlu Anda ketahui, pantai ini merupkan salah satu objek wisata terbaik di Kabupaten Sumenep. Tak heran, wisatawan mancanegara (wisman) pun banyak yang terpikat pada keindahan pantai dan cemara udangnya. Ini mungkin dikarenakan cemara udang merupakan tanaman khas dan langka.

Bukan itu saja, pohon cemara ini tidak tegak seperti pohon-pohon cemara umumnya, melainkan sedikit membungkuk, menyerupai udang. Yang juga tergolong unik karena di pantai inijuga tidak ada sama sekali pohon kelapa yang lazim tumbuh di sekitar pantai.

Potensi pariwisata di Madura saat ini dipandang sangat banyak dan unik. Sayangnya, obyek wisata yang unik dan menarik tersebut tak banyak dikenal oleh lingkungan di luar warga setempat, karena minimnya promosi.

Namun dengan segudang keindahannya, pantai Lombang perlu Anda pertimbangkan menjadi pilihan utama kunjungan wisata di pulau Madura. Dijamin, pantai ini memiliki panorama yang tidak kalah dibanding pantai-pantai di Bali. Jadi, tak ada ruginya memanfaatkan waktu liburan yang Anda miliki bersama keluarga untuk menikmati keindahannya.

Meski pantai ini cukup jauh dari pusat kota Sumenep, perjalanan Anda akan terasa sangat singkat. Karena sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa hamparan sawah hijau yang nikmat dipandang mata. Belum lagi udara segar yang bebas polusi.

Selain itu, lokasi wisata lainnya di Sumenep yang layak Anda kunjungi di pulau Madura adalah Pantai Slopeng yang terletak di Kecamatan Dasuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar